Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : http://s.bps.go.id/skdjateng2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Layanan Statistik Fast Response (LATIFA) WA 0815-6770-1212, email jateng@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, zoom meeting dengan perjanjian, dan akses ke pst.bps.go.id

Apel Peringatan Hari Statistik Nasional 2016

Apel Peringatan Hari Statistik Nasional 2016

27 September 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


Berita Versi Audio

Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional tahun 2016, BPS Provinsi Jawa Tengah mengadakan apel pada hari Senin tanggal 26 September 2016 di halaman kantor BPS Provinsi Jawa Tengah.

Apel ini dihadiri oleh seluruh karyawan/karyawati BPS Provinsi Jawa Tengah dan Pengurus Darma Wanita Persatuan  BPS Provinsi Jawa Tengah. Apel yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Dr. Margo Yuwono, S.Si, M.Si berlangsung cukup khidmad. Dalam sambutannya, beliau membacakan sambutan Kepala BPS RI yang antara lain menyampaikan bahwa peringatan HSN tahun ini dilaksanakan secara lebih sederhana dan khidmad. Penghematan anggaran yang cukup besar untuk semua kementerian/lembaga, termasuk BPS, membuat BPS harus lebih bijak, efektif, dan efisien dalam mengalokasikan anggaran. Namun demikian, kesederhanaan peringatan kali ini tidak akan mengurangi makna HSN itu sendiri, yang secara historis ditujukan untuk menanamkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya statistik di berbagai sendi kehidupan. Semangat itulah yang harus terus dibangkitkan melalui peringatan HSN setiap tahunnya.

Tema peringatan HSN tahun ini adalah “Kerja Nyata dengan Data”. Tema ini mempertegas semangat Pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia untuk benar-benar bekerja secara nyata. Melalui tema ini kita ingin menunjukkan bahwa BPS sudah bekerja nyata, secara profesional, berintegritas, dan amanah, menyediakan data berkualitas. Ajakan menggunakan data BPS yang tersirat dalam tema ini juga merupakan upaya BPS dalam menindaklanjuti permintaan Bapak Presiden Joko Widodo untuk menciptakan One Data dan menjadikan BPS sebagai pusat rujukan statistik di Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala BPS juga menekankan perlunya seluruh insan BPS untuk berkontribusi dalam reformasi BPS. Caranya adalah dengan bekerja semaksimal mungkin sesuai tugas dan fungsi masing-masing, mematuhi SOP yang berlaku serta membangun komunikasi dan kerja sama yang harmonis antar individu dan unit kerja.  Kepala BPS juga mengingatkan bahwa Reformasi Birokrasi didasari keinginan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Beliau mengajak seluruh pegawai BPS untuk mengubah cara pandang dari producer’s view ke consumer’s view. Dengan mendengar suara pengguna data dan memahami apa yang dibutuhkan, kemudian memenuhinya, agar produk BPS semakin bermanfaat untuk bangsa Indonesia. Beliau juga mengingatkan bahwa kualitas pelayanan publik yang diberikan akan dinilai langsung oleh masyarakat dan ini yang akan menjadi tolok ukur kinerja BPS.

Kepala BPS RI mengajak jajaran BPS di seluruh penjuru Nusantara, untuk mendukung penuh proses transformasi yang sedang berlangsung, dan pada waktunya nanti, jika perubahan sudah mulai diberlakukan, semua jajaran BPS siap dan berkomitmen untuk melaksanakannya bersama-sama.

Dalam Apel peringatan HSN 2016 juga diadakan  penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya sebagai penghargaan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 (sepuluh) tahun dan 20 (dua puluh) tahun.

Selamat Hari Statistik Nasional tahun 2016 !

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Statistics of Jawa Tengah Province) Jl.Pahlawan No. 6 Telp. 024 - 8412802

8412804

8412805 Fax. 024 - 8311195 e-mail : bps3300@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik