Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : http://s.bps.go.id/skdjateng2024

Anda bisa menyampaikan pengaduan layanan kepada kami disini atau  mengakses Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) disini

Layanan Online Pelayanan Statistik Terpadu dapat melalui Layanan Statistik Fast Response (LATIFA) WA 0815-6770-1212, email jateng@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, zoom meeting dengan perjanjian, dan akses ke pst.bps.go.id

Hari Statistik Nasional (HSN) 2019

Hari Statistik Nasional (HSN) 2019

26 September 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Berita Versi Audio
Hari Statistik Nasional (HSN) bukan hanya milik BPS saja, tapi milik seluruh insan statistik. Hal ini dibuktikan pada pelaksanaan Upacara HSN 2019 di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah.

HSN yang diperingati setiap tanggal 26 September, pada tahun ini jatuh pada hari Kamis. Mengikuti program pemerintah provinsi Jawa Tengah, yakni mengenakan baju adat nusantara dan menggunakan Bahasa Jawa setiap hari Kamis, maka Upacara HSN 2019 pun dilaksanakan dengan cara “njawani”.

Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai Setda Prov. Jawa Tengah, BPS Provinsi Jawa Tengah, dan BPS Kota Semarang tersebut dipimpin oleh Inspektur Upacara --dalam Bahasa Jawa di sebut ‘pangarsa tatacara’—Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kepala Bidang IPDS BPS Provinsi Jawa Tengah, Agus Sudibyo.

Dalam pidatonya, Taj Yasin mengajak para penyedia data statistik memanfaatkan Big Data untuk membangun Satu Data Indonesia yang berdasarkan prinsip :
- Memenuhi standar data;
- Memiliki metadata;
- Memenuhi kaidah interoperabilitas data;
- Menggunakan kode referensi dan data induk.


“Saya mengingatkan peran penting para penyedia data statistik, baik BPS sebagai penyedia statistik dasar maupun seluruh Perangkat Daerah sebagai penyedia statistik sektoral, untuk menyediakan data berkualitas, bukan hanya dari sensus, survei, dan data administrasi, tetapi juga memikirkan bagaimana memanfaatkan Big Data yang begitu luar biasa untuk membangun Satu Data Indonesia,” ucap Taj Yasin.

Upacara HSN 2019 kali ini juga sebagai penanda dimulainya atau Kick Off Publisitas Sensus Penduduk 2020, untuk itu Taj Yasin juga menghimbau kepada para peserta upacara agar mengambil peran dalam sosialisasi Sensus Penduduk 2020.

“Saya minta, Saudara para peserta upacara semua, mau dan mampu menjadi ‘campaign agent‘ Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Apalagi dengan adanya perubahan metode dari Tradisional ke Kombinasi, upaya kita untuk mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat harus lebih optimal,” tegas Taj Yasin.

(HUMAS BPS PROV JATENG - 📷RBG/DWIA - 📝DWIA)

@bps_statistics
@bpsprovjateng

#HariStatistikNasional2019
#HSN2019
#SensusPenduduk2020
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah (Statistics of Jawa Tengah Province) Jl.Pahlawan No. 6 Telp. 024 - 8412802

8412804

8412805 Fax. 024 - 8311195 e-mail : bps3300@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik